SAKSIKAN dan SUBSCRIBE CHANNEL Pak Anton Guru Esde

Translate

Follow Medsos dan Tokonya Ya !!!

Facebook Instagram shopee

Wednesday 20 September 2023

7 Alternatif Tools AI Selain ChatGPT, Tertarik Buat Coba?








Hai Sob!, beberapa waktu belakangan ini kalian pasti sudah sering mendengar mengenai ChatGPT yang telah menarik perhatian banyak orang. Chatbot dari OpenAI ini adalah kecerdasan buatan yang dilatih untuk dapat berinteraksi dan memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan pengguna dalam format teks. Karena karakteristik yang dimilikinya, banyak orang yang memanfaatkan kecerdasan buatan ini untuk mempermudah pekerjaan.

Menurut Statista, pasar dan pendapatan AI global diperkirakan akan mencapai $733 miliar pada tahun 2030. ChatGPT saat ini tengah menjadi sorotan, tetapi terkadang memiliki masalah akses karena over capacity. Namun nyatanya, ChatGPT bukan satu-satunya chatbot berbasis AI, loh! Masih ada beberapa alternatif lain yang bisa kamu coba mulai sekarang. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tools AI selain ChatGPT:
1. Bing AI
Homepage Bing AI | Sumber : bing.com

Microsoft secara resmi meluncurkan mesin pencari Bing AI pada Februari 2023. Bing AI bertujuan untuk menjawab pertanyaan dengan lebih akurat dan lengkap. Chatbot ini memiliki 3 mode obrolan yaitu: Mode Creative, Mode Balanced dan Mode Precise sehingga gaya obrolan dapat disesuaikan dan diubah sesuai dengan pengalaman interaktif pengguna.

Bing AI didasarkan pada GPT versi 3.5 yang lebih bertenaga daripada GPT 3 yang digunakan oleh ChatGPT. Bing AI benar-benar gratis dan kamu hanya memerlukan akun Microsoft untuk mulai menjelajah.

2. You.com
Homepage You.com | Sumber : you.com

You.com adalah mesin pencari berbasis kecerdasan buatan yang mengumpulkan hasil pencarian online melalui sistem kategori. Mesin pencari ini memiliki privasi yang lebih aman karena tidak memiliki sistem tracking dan serangan iklan seperti Google.

Jika kamu ingin melakukan percakapan dengan segudang informasi terkini, membuat konten, membuat gambar, membuat coding, menggunakan platform media sosial dengan orang-orang dengan minat yang sama, kamu dapat menggunakan fitur-fitur menarik yang disediakan yaitu YouChat, YouWrite, YouImagine, YouCode, dan YouSocial. Chatbot ini gratis dan didukung oleh GPT-3.5 OpenAI.
 
3. Chat Sonic
Homepage Chat Sonic | Sumber : writesonic.com

Beralih ke ChatSonic merupakan chatbot yang mirip dengan ChatGPT serta dapat memberikan informasi faktual karena menggunakan kemampuan GPT-4. Chatbot AI ini mengatasi kendala dan merupakan alternatif untuk ChatGPT. Selain itu, ChatSonic bisa menjawab pertanyaan menggunakan perintah suara seperti Google Assistant.

Meskipun ChatSonic tidak gratis, ia menawarkan uji coba sampai 10.000 kata. Kamu dapat memanfaatkan sepenuhnya alat ini dengan memilih salah satu paket terjangkau yang mereka tawarkan.

4. Perplexity
Homepage Perplexity | Sumber : perplexity.ai

Answer engine yang dirancang khusus untuk memberikan informasi ringkas dan menggunakan OpenAI GPT 3.5 ia adalah Perplexity AI. Perplexity memiliki kekuatan super untuk menjawab pertanyaan dengan menambahkan kutipan dan referensi yang menunjukkan dari mana informasi itu berasal.

Hal ini membuat setiap jawaban lebih terpercaya. Perplexity AI patut dicoba bagi mereka yang mencari chatbot AI yang dapat diakses dengan keunggulan kompetitif, tanpa registrasi, dan gratis.

5. Notion AI
Homepage Notion AI | Sumber : notion.so

Apakah Sobat ingin menulis catatan dengan bahasa yang mudah dimengerti? Itu mudah! Fitur AI terbaru dari Notion kini dirancang sebagai "thought partner" untuk membantu menyelesaikan serangkaian tugas sederhana dan sistematis. Notion AI gratis dengan batas maksimal sebanyak 20 respon dari AI.

Namun, untuk menggunakan Notion AI sepenuhnya, kamu harus berlangganan layanan Notion Plus atau Notion Personal Pro. Meski tidak sepenuhnya gratis, Notion menawarkan versi gratis yang cukup lengkap dan bisa digunakan untuk mengatur data secara efektif.

6. Typingmind
Homepage TypingMind | Sumber : typingmind.com

Selanjutnya ada TypingMind yang merupakan platform dengan user-friendly interface dan mendukung GPT-4. Chatbot diklaim memiliki user interface yang lebih baik dan dapat digunakan kapan saja tanpa takut full server atau limit. Dalam penggunaanya, kita dapat memilih karakter AI untuk menjawab pertanyaan dari berbagai bidang, seperti:\ stand-up comedian, product manager, life hacker, dan masih banyak lagi.

TypingMind gratis untuk digunakan dengan beberapa fitur dasar dan tanpa biaya bulanan. Namun, kamu harus memiliki OpenAI API Key yang berfungsi untuk menggunakan aplikasi. Namun, aplikasi chatbot ini juga memiliki opsi Premium dengan fitur yang lebih lengkap dan jauh lebih canggih.

7. Caktus AI
Homepage Caktus AI | Sumber : www.caktus.ai

Dan terakhir adalah Caktus AI yang memiliki fungsi mirip dengan Notion AI. Platform ini mencakup alat yang berguna seperti penulis esai, penulis pernyataan pribadi, asisten coding, dan banyak lagi. Platform ini dirancang untuk siswa dan guru. Tim di belakang Caktus AI berdedikasi untuk menggunakan kecerdasan buatan untuk mengubah pendidikan.

Caktus AI tidak tersedia secara gratis, kamu dapat membeli paket keanggotaan yang memungkinkan penggunaan Caktus tanpa batas. Namun untuk penggunaan awal, kamu akan mendapatkan 20.000 kredit gratis yang berguna untuk mencoba alat ini sebelum membelinya.Chat GPT, Solusi Praktis Selesaikan Tugas Akademik, Ini Dia Tipsnya!


Naah..... Itulah beberapa rekomendasi alternatif chatbot berbasis AI yang bisa digunakan selain ChatGPT. Saat ini, ada berbagai teknologi yang membuat hidup manusia menjadi lebih mudah. Ingat ya Sob, bahwa kecerdasan buatan hanyalah alat bantu yang hasil akhirnya tetap bergantung pada kerja keras, kreativitas, dan keahlian penggunanya dalam mengembangkan ide serta keterampilan.

No comments:

Post a Comment

Hanya anggota Blog Yang Dapat Memberikan Komentar, Komentar yang belum tampil akan dicek terlebih dahulu oleh Admin.

Terima Kasih Atas Komentarnya