SAKSIKAN dan SUBSCRIBE CHANNEL Pak Anton Guru Esde

Translate

Follow Medsos dan Tokonya Ya !!!

Facebook Instagram shopee

Friday 4 August 2023

Soal Latihan Materi Fiqih Shalat Kelas 4 Bagian 1

kalian baca materi singkat dibawah ini, kemudian jawab soal-soal dibawahnya

Fiqih  Shalat Bagian 1

Shalat merupakan tiangnya agama, siapa saja yang meninggalkan shalat maka ia berdosa dan telah merobohkan agamanya sendiri, yaitu Islam. Shalat memiliki arti "Do'a" secara bahasa sedangkan secara istilah adalah :" gerakan tertentu yang dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam dengan urutan yang telah ditentukan secara tertib".
sebelum melaksanakan shalat, maka wajib untuk bersuci terlebih dahulu, karena bersuci merupakan kucinya shalat. shalat tidak sah jika tidak bersuci atau ada najis yang menempel pada bagian tubuh atau pakaian yang akan digunakan untuk shalat. shalat juga tidak sah jika belum masuk waktunya, sedangkan shalat akan batal jika; berbicara, tidak membaca surat Al-Fatihah, dan keluar najis dari bagian tubuh tempat keluarnya najis.
gerakan pertama shalat adalah mengangkat kedua tangan sejajar daun telinga atau bahu atau bisa juga sejajar dengan dada, sambil mengucapkan "Allahu Akbar" sebagai takbiratul ihram. setelah takbir disunahkan membaca do'a iftitah kemudian membaca ta'awwudz dan basmalah kemudian membaca surat alfatihah.
keadaan bangit dari ruku disebut dengan i'tidal dengan mengucapkan سَمِعَ االله لِمنْ حَمِِدَه  dan membaca do'a رَبَّنَا وَلكَ الحَمْد .
Shalat yang disahkan hanya menghadap ke kiblat, kecuali ada alasan yang mengahalanginya dari kiblat. Ada beberapa waktu dilarang untuk melakukan ibadah shalat diantaranya adalah : waktu matahari terbit dan matahari tenggelam serta posisi matahari tepat diatas kepala (tanpa terlihat bayangan penuh. 
kondisi seseorang yang sakit boleh melakukan shalat dengan; berbaring atau duduk atau menyesuaikan dengan kondisinya, dan boleh bertayamum jika terhalang dari menggunakan air untuk bersuci,
Jika terlupa gerakan tertentu dalam shalat atau kurang jumlah raka'atnya maka dilakukan sujud sahwi, jika lupa jumlah raka'at maka tambahkan raka'atnya dan sujud sahwi, bacaannya sama saja seperti sujud yang lainnya.
Post Test, silahkan jawab pertanyaan yang ada dibawah ini sesuai dengan yang kalian pahami dan ketahui dari bacaan diatas. ingat jangan minta bantuan kepada siapapun, kecuali kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Jika nilai masih dibawah 80, maka boleh kerjakan ulang sampai mendapat nilai 100Selamat mengerjakan



No comments:

Post a Comment

Hanya anggota Blog Yang Dapat Memberikan Komentar, Komentar yang belum tampil akan dicek terlebih dahulu oleh Admin.

Terima Kasih Atas Komentarnya